Home Pendidikan Kembangkan Pembelajaran Berbasis Indigenous Knowledge, Prodi PG PAUD Unikama Gelar Workshop

Kembangkan Pembelajaran Berbasis Indigenous Knowledge, Prodi PG PAUD Unikama Gelar Workshop

by Hafidh Sabgi
0 comment

HaiMalang– Perkembangan di dunia pendidikan berjalan dengan cukup cepat. Hal ini membuat tenaga pendidikan harus terus melakukan pembaruan materi dan ilmu pengetahuan. Untuk itu Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan workshop  dengan tema Inovatif Pengembangan Pembelajaran dan Asesmen.

Workshop ini dilakukan pada 13 dan 14 Juni lalu dengan peserta dari dosen PG PAUD Unikama. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang peningkatan kompetensi akademik. Namun juga memperkenalkan model baru yang menarik dalam pendekatan pembelajaran.

Dosen PG PAUD Unikama yang hadir cukup aktif terlibat dalam workshop. Materi yang disampaikan tentang pendekatan terbaru dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip indigenous knowledge dan individual differences ke dalam strategi pengajaran sehari-hari.

“Kami berfokus pada bagaimana pengetahuan lokal dan memahami perbedaan individual. Dengan tujuan dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih relevan dan inklusif,” ungkap Ketua Program Studi PG PAUD Unikama Dr. Siti Muntomimah, M.Pd.

Ada pengenalan model baru untuk mengukur keberhasilan asesmen dari worskhop ini. Terutama tentang kebrerhasilan terhadap kebutuhan siswa yang lebih holistsik dan responsif. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unikama Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd., menjelaskan inovasi ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan dalam pendekatan evaluasi tradisional.

“Kami percaya bahwa model baru ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pengajaran. Tetapi juga mempersiapkan dosen untuk menghadapi tantangan masa depan dalam dunia pendidikan yang terus berubah,” tambahnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh peserta melalui tanggapan positif terhadap pendekatan baru yang diintegrasikan dalam sesi-sesi diskusi dan simulasi praktis.

Mereka menyatakan bahwa inovasi ini memberi mereka wawasan baru dalam mengajar di dalam kelas. Tentu yang paling terasa adalah peningkatan kemampuan mengajar.

“Saya sangat terinspirasi dengan ide-ide baru yang diajarkan dalam workshop ini. Hal ini akan membantu saya menjadi dosen yang lebih baik,” ujar salah dosen yang hadir.

PG PAUD Unikama  memiliki tujuan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi pendidikan. Serta dalam mempersiapkan generasi guru yang mampu beradaptasi dan memberikan pendidikan berkualitas tinggi sesuai dengan tuntutan zaman.

You may also like

Leave a Comment

Haimalang.com adalah sebuah platform media online dengan konten lokal Malang. Haimalang berisi artikel Wisata, Pendidikan, Teknologi dan Berita Terkini Terkait Malang Raya.

2024 Haimalang.com– All Right Reserved.