Home News 5 Negara Tujuan TKI di Malang

5 Negara Tujuan TKI di Malang

by Hafidh Sabgi
0 comment

HaiMalang– Terbatasnya lapangan kerja di wilayah Malang Raya selalu menjadi alasan untuk berangkat ke luar negeri. Negara tujuan TKI di Malang ini merupakan pilihan yang balik banyak diincar. Banyak masyarakat Malang yang lebih memilih menjadi TKI dengan alasan ekonomi.

Menjadi TKI sebetulnya bukan perkara mudah. Dibutuhkan kesiapan mental dan keterampilan sebelum berangkat ke luar negeri. Bahkan ketika sudah di luar negeri banyak juga yang tidak betah dan ingin peluang.
Namun cerita sukses dan iming-iming gaji besar selalu menjadi candu. Hal ini yang membuat masyarakat Malang kadang nekat berangkat. Bahkan cara ilegal juga kerap jadi solusi.

Untuk bisa bekerja di luar negeri perlu mengikuti pelatihan di lembanga penyalur tenaga kerja. Lama belajarnya juga dalam hitungan bulan hingga tahun. Belum lagi urusan administrasi yang kerap jadi kendala.
Selama masa pelatihan banyak pelajaran yang perlu dikuasai. Mulai dari bahasa negara tujuan. Hingga keterampilan yang harus dimiliki.

Banyak masyarkat yang memilih bekerja di sektor informal. Mulai dari penjaga lansian hingga pembantu rumah tangga. Sektor ini lebih mudah untik dijangkau karena keterbatasan pendidikan para pencari kerja.
Rata-rata yang berangkat menuju luar negeri merupakan wanita. Mereka memilih mengadu nasib di negeri orang untuk kebutuhan ekonomi.

Kesiapan Sebelum Berangkat ke Negara Tujuan TKI di Malang

– Mengikuti pelatihan keterampilan dan bahasa merupakan hal yang wajib. Keduanya menjadi modal awal yang harus dimiliki.

Keterampilan akan menjadi bekal untuk bekerja. Sedangkan bahasa menjadi modal untuk berkomunikasi. Banyak TKI yang harus menunda keberangkatan karena kendala bahasa.

Jika ujian bahasa tidak lolos maka TKI tidak akan berangkat. Ini yang menjadi celah TKI memilih berangkat dengan jalur ilegal. Biasanya menggunakan relasi teman atau saudara yang pernah bekerja diluar negeri.

– Mengurus dokumen meskit terlihat mudah namun ini juga cukup rumit. Dokumen yang disiapkan yakni paspor dan visa.

Keduanya harus diurus sebelum berangkat menuju luar negeri. Paspor digunakan sebagai identitas di luar negeri. Sedangkan visa dikeluarkan negara tujuan.

Negara Tujuan TKI di Malang

– Taiwan

Taiwan menjadi salah satu negara tujuan TKI untuk bekerja. Pekerjaan sektor informal sangat dibutuhkan di Taiwan. Kebutuhannya cukup banyak sehingga peluang bekerja tinggi.

Secara pendapatan di Taiwan juga lumayan. Karena menggunakan standar upah mininum yang ada. Upah minumnua NT$ 27.470 per bulan. Atau jika di rupiahkan mencapai Rp 13.300.000 per bulan.

Jumlah tersebut bisa 2 sampai 3 kali UMR di Indonesia. Ini menjadi daya tarik luar biasa para TKI.

– Hongkong

Hongkong menjadi negara lain yang kerap jadi pilihan merantau. Secara gaji Hongkong tidak beda jauh dengan Taiwan. Selain letaknya juga tidak terlalu jauh.

Hongkong juga sangat membutuhkan tenaga kerja asal Indonesia. Jumlah TKI di negara ini mencapai ribuan. Bukan hanya dari Malang tapi juga dari daerah lainnya.

Dalam satu bulan TKI bisa mendapatkan gaji kisaran Rp 9 juta hingga Rp 10 juta. Gaji itu masih bisa naik tergantung majikan. Bahkan lembur juga masih mendapatkan tambahan.

– Singapura

Jika mencari negara tujuan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Singapura bisa menjadi pilihan para TKI. Untuk urusan gaji juga tidak terlalu jauh perbedannya.

Dalam sebulan gaji TKI di Singapura bisa mencapai Rp 7,5 juta sampai Rp 8 juta. Jumlah tersebut tergantung agensi dan majikan.

Nominal gaji juga mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini tentu menggiurkan dibanding bekerja di negeri sendiri.

– Korea

Masyarkat Indonesia tidak hanya gandrung budaya Korea. Namun juga menjadi negara tersebut sebagai tempat mencari kerja. Dalam beberapa tahun terakhir Korea masuk dalam dafta negara tujuan tki di Malang.

Bahkan banyak lembaga pelatihab bekerja di Korea bermunculan. Untuk bisa bekerja di Korea prosesnya memang sedikit ribet. Karena harus memiliki skill yang lengkap.

Karena sektor pekerjaan banyak di sektoe formal. Mulai dari pabrik, resto hingga perikanan. Secara gaji memang menggiurkan. Bisa mencapai Rp 24 juta dalam satu bulan.

– Arab Saudi

Negara ini tidak hanya menjadi tujuan untuk ibadah. Namun juga menjadi negara tujuan mencari kerja. Bisa dibilang TKI bekerja di Arab Saudi sambil menyelam minum air.

Selain mendapatkan gaji juga bisa ibadah setiap waktu. Meski begitu untuk urusan gaji setiap bulannya mencapai Rp 8,5 juta hingga Rp 10 juta. Tergantung jenis pekerjaannya.

Arab Saudi masuk sebagai Negara Tujuan TKI di Malang.

Baca Juga: Klinik Khusus Mata di Malang

 

You may also like

Leave a Comment

Haimalang.com adalah sebuah platform media online dengan konten lokal Malang. Haimalang berisi artikel Wisata, Pendidikan, Teknologi dan Berita Terkini Terkait Malang Raya.

2024 Haimalang.com– All Right Reserved.